KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA / MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Mata Pelajaran :
Matematika
Kurikulum : 2013
| 
   
Level
  Kognitif 
 | 
  
   
Lingkup Materi 
 | 
 |||
| 
   
Bilangan 
 | 
  
   
Aljabar 
 | 
  
   
Geometri dan
  Pengukuran 
 | 
  
   
Statistika dan Peluang 
 | 
 |
| 
   
Pengetahuan dan 
Pemahaman 
· Mengidentifikasi 
· Mendeskripsikan 
· Membuat tabulasi 
· Menentukan 
· Menyebutkan 
 | 
  
   
Peserta didik
  dapat 
memahami
  pengetahuan 
tentang: 
‑ urutan
  bilangan bulat 
dan urutan
  pecahan 
‑ operasi
  bilangan bulat 
‑ operasi
  pecahan 
‑ operasi
  bilangan 
bentuk akar 
‑ operasi
  bilangan 
berpangkat 
‑ perbandingan 
‑ pola
  barisan bilangan 
‑ barisan
  dan deret 
 | 
  
   
Peserta didik
  dapat memahami 
pengetahuan
  tentang: 
‑ himpunan 
‑ bentuk
  aljabar 
‑ persamaan
  linear satu variabel 
‑ pertidaksamaan
  linear satu 
variabel 
‑ relasi
  atau fungsi 
‑ persamaan
  garis lurus 
‑ sistem
  persamaan linear dua 
variabel 
‑ persamaan
  kuadrat 
‑ fungsi
  kuadrat 
 | 
  
   
Peserta didik
  dapat memahami 
pengetahuan
  tentang: 
‑ garis
  dan sudut 
‑ segiempat
  dan segitiga 
‑ koordinat
  kartesius 
‑ teorema
  Pythagoras 
‑ lingkaran 
‑ bangun
  ruang sisi datar 
‑ bangun
  ruang sisi lengkung 
‑ transformasi
  (refleksi, translasi, 
rotasi, atau
  dilatasi) 
‑ kesebangunan
  dan kekongruenan 
 | 
  
   
Peserta didik
  dapat 
memahami
  pengetahuan 
tentang: 
‑ menyajikan
  dan 
mendeskripsikan
  data 
dalam bentuk
  tabel, 
diagram batang, 
diagram garis,
  atau 
diagram
  lingkaran 
‑ ukuran
  pemusatan 
data 
‑ titik
  sampel, ruang 
sampel, dan
  peluang 
 | 
 
| 
   
Nomor Soal 
 | 
  
   
PG: 1 , 2 , (3) 
 | 
  
   
PG: 9 , 10 ,
  (11) 
 | 
  
   
PG: 18 , 19 , 20 
 | 
  
   
PG: 27 
 | 
 
| 
   
Level
  Kognitif 
 | 
  
   
Lingkup Materi 
 | 
 |||
| 
   
Bilangan 
 | 
  
   
Aljabar 
 | 
  
   
Geometri dan
  Pengukuran 
 | 
  
   
Statistika dan
  Peluang 
 | 
 |
| 
   
Aplikasi 
· Mengkonstruksi 
· Menyelesaikan 
masalah 
· Menghitung 
· Menginterpretasi 
· Menerapkan 
· Membandingkan 
· Memodifikasi
  variabel 
 | 
  
   
Peserta didik dapat 
mengaplikasikan 
pengetahuan tentang: 
‑ operasi bilangan
  bulat 
‑ operasi
  pecahan 
‑ perbandingan 
‑ pola
  barisan bilangan 
‑ barisan
  dan deret 
‑ aritmetika
  sosial 
 | 
  
   
Peserta didik dapat
  mengaplikasikan 
pengetahuan tentang: 
‑ himpunan 
‑ persamaan
  linear satu variabel 
‑ pertidaksamaan
  linear satu 
variabel 
‑ relasi
  atau fungsi 
‑ persamaan
  garis lurus 
‑ sistem
  persamaan linear dua variabel 
‑ fungsi
  kuadrat 
 | 
  
   
Peserta didik dapat
  mengaplikasikan 
pengetahuan tentang: 
‑ segiempat
  dan segitiga 
‑ koordinat
  kartesius 
‑ teorema
  Pythagoras 
‑ lingkaran 
‑ bangun
  ruang sisi datar 
‑ bangun
  ruang sisi lengkung 
‑ transformasi
  (refleksi, translasi, rotasi, atau dilatasi) 
‑ kesebangunan
  dan kekongruenan 
 | 
  
   
Peserta didik dapat 
mengaplikasikan 
pengetahuan tentang: 
‑ menyajikan
  data 
dalam bentuk
  tabel, 
diagram batang, 
diagram 
garis, atau
  diagram 
lingkaran 
‑ ukuran
  pemusatan 
data 
‑ titik
  sampel, ruang 
sampel, dan
  peluang 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Nomor Soal PG: 4 , 5 , (6) , 7 
Uraian: 31 
 | 
  
   
PG: 12 , 13 , 14 , (15) , 16 
Uraian: 32 
 | 
  
   
PG: 21 , (22) , 23 , (24) , 25 
Uraian: 33 
 | 
  
   
PG: 28 , 29 
Uraian: 35 
 | 
 
| 
   
Level
  Kognitif 
 | 
  
   
Lingkup Materi 
 | 
 |||
| 
   
Bilangan 
 | 
  
   
Aljabar 
 | 
  
   
Geometri dan
  Pengukuran 
 | 
  
   
Statistika dan
  Peluang 
 | 
 |
| 
   
Penalaran 
· Menganalisis 
· Mengevaluasi 
· Mensintesis / 
mengkreasi 
· Menafsirkan 
· Menyimpulkan 
· Memprediksi 
 | 
  
   
Peserta didik dapat 
menggunakan nalar yang 
berkaitan dengan: 
‑ bilangan bulat 
‑ bilangan
  pecahan 
‑ perbandingan 
‑ pola
  barisan bilangan 
‑ barisan
  dan deret 
‑ aritmetika
  sosial 
 | 
  
   
Peserta didik dapat menggunakan 
nalar yang berkaitan dengan: 
‑ himpunan 
‑ persamaan
  linear satu variabel 
‑ relasi
  atau fungsi 
‑ persamaan
  garis lurus 
‑ sistem
  persamaan linear dua 
variabel 
‑ fungsi
  kuadrat 
 | 
  
   
Peserta didik dapat menggunakan 
nalar yang berkaitan dengan: 
‑ segiempat
  dan segitiga 
‑ lingkaran 
‑ bangun
  ruang sisi datar 
‑ bangun
  ruang sisi lengkung 
‑ transformasi
  (refleksi, translasi, 
rotasi, atau
  dilatasi) 
‑ kesebangunan
  dan kekongruenan 
 | 
  
   
Peserta didik dapat 
menggunakan nalar yang 
berkaitan dengan: 
‑ data
  dalam bentuk 
tabel, diagram
  batang, 
diagram garis,
  atau 
diagram
  lingkaran 
‑ pemusatan
  data 
‑ titik
  sampel, ruang 
sampel, dan
  peluang 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Nomor Soal PG: (8) 
 | 
  
   
PG: 17 
 | 
  
   
PG: 26 
Uraian: (34) 
 | 
  
   
PG: (30) 
 | 
 
| 
   
No. 
 | 
  
   
Jenis Soal 
 | 
  
   
Jumlah Soal 
 | 
  
   
Nomor Soal 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Pilihan Ganda 
 | 
  
   
30 
 | 
  
   
1 - 30 
 | 
 
| 
   
2, 
 | 
  
   
Uraian 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
31 - 35 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Jumlah Soal  
 | 
  
   
35 
 | 
  
   
1 – 35 
 | 
 
Soal Pusat 25 %
| 
   
No. 
 | 
  
   
Materi  
 | 
  
   
Soal Pusat 
 | 
  
   
Bentuk Soal 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Penyederhanaan
  bentukakar 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
PG 
 | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   
Menyelesaikan
  masalah bilangan pecahan / persen 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   
PG 
 | 
 
| 
   
3. 
 | 
  
   
Analisis Masalah
  perbandingan 
 | 
  
   
8 
 | 
  
   
PG 
 | 
 
| 
   
4. 
 | 
  
   
Penerapan
  operasi himpunan / diagram venn 
 | 
  
   
15 
 | 
  
   
PG 
 | 
 
| 
   
5. 
 | 
  
   
Perhitungan
  persamaan linear satu variabel 
 | 
  
   
11 
 | 
  
   
PG 
 | 
 
| 
   
6. 
 | 
  
   
Penyelesaian
  masalah bangun datar 
 | 
  
   
22 
 | 
  
   
PG 
 | 
 
| 
   
7. 
 | 
  
   
Penyelesaian
  masalah bangun ruang 
 | 
  
   
24 
 | 
  
   
PG 
 | 
 
| 
   
8. 
 | 
  
   
Analisis masalah
  pemusatan data 
 | 
  
   
30 
 | 
  
   
PG 
 | 
 
| 
   
9. 
 | 
  
   
Analisis masalah
  kesebangunan 
 | 
  
   
34 
 | 
  
   
Uraian 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
0 comments:
Post a Comment