KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA / MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Mata Pelajaran :
Matematika
Kurikulum : 2013
Level
Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|||
Bilangan
|
Aljabar
|
Geometri dan
Pengukuran
|
Statistika dan Peluang
|
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
· Mengidentifikasi
· Mendeskripsikan
· Membuat tabulasi
· Menentukan
· Menyebutkan
|
Peserta didik
dapat
memahami
pengetahuan
tentang:
‑ urutan
bilangan bulat
dan urutan
pecahan
‑ operasi
bilangan bulat
‑ operasi
pecahan
‑ operasi
bilangan
bentuk akar
‑ operasi
bilangan
berpangkat
‑ perbandingan
‑ pola
barisan bilangan
‑ barisan
dan deret
|
Peserta didik
dapat memahami
pengetahuan
tentang:
‑ himpunan
‑ bentuk
aljabar
‑ persamaan
linear satu variabel
‑ pertidaksamaan
linear satu
variabel
‑ relasi
atau fungsi
‑ persamaan
garis lurus
‑ sistem
persamaan linear dua
variabel
‑ persamaan
kuadrat
‑ fungsi
kuadrat
|
Peserta didik
dapat memahami
pengetahuan
tentang:
‑ garis
dan sudut
‑ segiempat
dan segitiga
‑ koordinat
kartesius
‑ teorema
Pythagoras
‑ lingkaran
‑ bangun
ruang sisi datar
‑ bangun
ruang sisi lengkung
‑ transformasi
(refleksi, translasi,
rotasi, atau
dilatasi)
‑ kesebangunan
dan kekongruenan
|
Peserta didik
dapat
memahami
pengetahuan
tentang:
‑ menyajikan
dan
mendeskripsikan
data
dalam bentuk
tabel,
diagram batang,
diagram garis,
atau
diagram
lingkaran
‑ ukuran
pemusatan
data
‑ titik
sampel, ruang
sampel, dan
peluang
|
Nomor Soal
|
PG: 1 , 2 , (3)
|
PG: 9 , 10 ,
(11)
|
PG: 18 , 19 , 20
|
PG: 27
|
Level
Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|||
Bilangan
|
Aljabar
|
Geometri dan
Pengukuran
|
Statistika dan
Peluang
|
|
Aplikasi
· Mengkonstruksi
· Menyelesaikan
masalah
· Menghitung
· Menginterpretasi
· Menerapkan
· Membandingkan
· Memodifikasi
variabel
|
Peserta didik dapat
mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
‑ operasi bilangan
bulat
‑ operasi
pecahan
‑ perbandingan
‑ pola
barisan bilangan
‑ barisan
dan deret
‑ aritmetika
sosial
|
Peserta didik dapat
mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
‑ himpunan
‑ persamaan
linear satu variabel
‑ pertidaksamaan
linear satu
variabel
‑ relasi
atau fungsi
‑ persamaan
garis lurus
‑ sistem
persamaan linear dua variabel
‑ fungsi
kuadrat
|
Peserta didik dapat
mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
‑ segiempat
dan segitiga
‑ koordinat
kartesius
‑ teorema
Pythagoras
‑ lingkaran
‑ bangun
ruang sisi datar
‑ bangun
ruang sisi lengkung
‑ transformasi
(refleksi, translasi, rotasi, atau dilatasi)
‑ kesebangunan
dan kekongruenan
|
Peserta didik dapat
mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
‑ menyajikan
data
dalam bentuk
tabel,
diagram batang,
diagram
garis, atau
diagram
lingkaran
‑ ukuran
pemusatan
data
‑ titik
sampel, ruang
sampel, dan
peluang
|
|
Nomor Soal PG: 4 , 5 , (6) , 7
Uraian: 31
|
PG: 12 , 13 , 14 , (15) , 16
Uraian: 32
|
PG: 21 , (22) , 23 , (24) , 25
Uraian: 33
|
PG: 28 , 29
Uraian: 35
|
Level
Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|||
Bilangan
|
Aljabar
|
Geometri dan
Pengukuran
|
Statistika dan
Peluang
|
|
Penalaran
· Menganalisis
· Mengevaluasi
· Mensintesis /
mengkreasi
· Menafsirkan
· Menyimpulkan
· Memprediksi
|
Peserta didik dapat
menggunakan nalar yang
berkaitan dengan:
‑ bilangan bulat
‑ bilangan
pecahan
‑ perbandingan
‑ pola
barisan bilangan
‑ barisan
dan deret
‑ aritmetika
sosial
|
Peserta didik dapat menggunakan
nalar yang berkaitan dengan:
‑ himpunan
‑ persamaan
linear satu variabel
‑ relasi
atau fungsi
‑ persamaan
garis lurus
‑ sistem
persamaan linear dua
variabel
‑ fungsi
kuadrat
|
Peserta didik dapat menggunakan
nalar yang berkaitan dengan:
‑ segiempat
dan segitiga
‑ lingkaran
‑ bangun
ruang sisi datar
‑ bangun
ruang sisi lengkung
‑ transformasi
(refleksi, translasi,
rotasi, atau
dilatasi)
‑ kesebangunan
dan kekongruenan
|
Peserta didik dapat
menggunakan nalar yang
berkaitan dengan:
‑ data
dalam bentuk
tabel, diagram
batang,
diagram garis,
atau
diagram
lingkaran
‑ pemusatan
data
‑ titik
sampel, ruang
sampel, dan
peluang
|
|
Nomor Soal PG: (8)
|
PG: 17
|
PG: 26
Uraian: (34)
|
PG: (30)
|
No.
|
Jenis Soal
|
Jumlah Soal
|
Nomor Soal
|
1.
|
Pilihan Ganda
|
30
|
1 - 30
|
2,
|
Uraian
|
5
|
31 - 35
|
|
Jumlah Soal
|
35
|
1 – 35
|
Soal Pusat 25 %
No.
|
Materi
|
Soal Pusat
|
Bentuk Soal
|
1.
|
Penyederhanaan
bentukakar
|
3
|
PG
|
2.
|
Menyelesaikan
masalah bilangan pecahan / persen
|
6
|
PG
|
3.
|
Analisis Masalah
perbandingan
|
8
|
PG
|
4.
|
Penerapan
operasi himpunan / diagram venn
|
15
|
PG
|
5.
|
Perhitungan
persamaan linear satu variabel
|
11
|
PG
|
6.
|
Penyelesaian
masalah bangun datar
|
22
|
PG
|
7.
|
Penyelesaian
masalah bangun ruang
|
24
|
PG
|
8.
|
Analisis masalah
pemusatan data
|
30
|
PG
|
9.
|
Analisis masalah
kesebangunan
|
34
|
Uraian
|
|
|
|
|
0 comments:
Post a Comment